Cara Beternak Domba Texel di Cianjur

Untuk beternak domba broiler seperti Texel, tujuan utamanya adalah agar cepat gemuk dan besar. Apakah yang penting hanya jenis dan pola pakan domba? Padahal, meski tidak hanya ditentukan dari pola dan jenis pakan, faktor-faktor tersebutlah yang paling penting.
Ada pula beberapa cara pemeliharaan yang berkaitan dengan perawatan, kandang dan kebersihan, serta kondisi fisik domba. Silakan lihat berikut untuk rincian lebih lanjut.
1. Perhatikan kandangnya, pastikan kandangnya ideal untuk proses penggemukan
Kandang domba broiler, mempunyai beberapa jenis berdasarkan umurnya. Ada kandang komunal yang bisa menampung beberapa domba sekaligus, dan ada juga kandang individu yang digunakan untuk beternak. Penting untuk memperhatikan kandang agar hewan tidak stres.
Ternyata stres bisa berakibat fatal bagi pertumbuhan domba. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: kandang yang tidak nyaman, sering dilalui orang, tidak ada sinar matahari, dan terlalu lembab/kering.
2. Pola dan komposisi pakan domba yang seimbang
Pola dan komposisi pakan sangatlah penting. Semakin besar Texel, semakin besar pula kebutuhan nutrisinya. Nutrisi tersebut dapat dibedakan menjadi energi dan protein.
Adapun komposisi pakan secara umum ada 2 yaitu pakan konsentrat dan pakan hijauan. Pakan konsentrat antara lain dedak padi (dedak merupakan campuran jagung, singkong dan dedak padi), ampas atau lumpur tahu, bungkil kelapa dan singkong. Sedangkan pakan hijauannya antara lain rumput gamal, kaliandra, daun lamtoro, rumput gajah, dan daun pisang.
Jumlahnya hanya sedikit, sekitar 1-3% dari total bobot domba. Untuk pakan hijau (yang merupakan pakan utama) sekitar 10-25% dari total bobot domba.
Peternak tentunya dapat menambahkan pakan lain jika sudah teruji dan/atau berdasarkan pengalamannya. Pakan fermentasi sama dengan pakan buatan. Karena harga domba Texel yang mahal maka pola dan komposisi di atas perlu diperhatikan.
3. Perawatan Fisik Tubuh Domba
Berbeda dengan kambing, domba Texel memiliki bulu tebal dan berbulu di tubuhnya. Peternak juga harus memberikan perawatan fisik kepada dombanya setidaknya sekali atau dua kali sebulan. Beberapa anjuran perawatan antara lain: memandikan domba agar tetap bersih, menjaga kebersihan bulu, memotong kuku domba (umumnya setiap 6 bulan sekali).
Dengan semua
Jika Anda merawat tubuh domba Anda, mereka akan merasa lebih nyaman. Mereka akan siap tumbuh menjadi raksasa daging.
4. Pengendalian Kesehatan Domba Texel Secara Reguler
Hal berikutnya yang perlu dilakukan peternak adalah mengontrol kesehatan domba Texel. Anda sudah tahu apa yang harus dicari pada domba. Beberapa contohnya antara lain pada mata, hidung, mulut, kaki, anus, perilaku, dan gejala lainnya.
Pastikan mata, hidung, dan mulut Anda bersih (tidak ada lendir aneh). Periksa apakah keempat kaki domba dapat menopang tubuhnya dan memungkinkannya bergerak bebas. Juga, periksa perut apakah ada keberpihakan. Sedangkan dari anus biasanya untuk mendeteksi jenis penyakit yang menyerang.
Peternak juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengamati tingkah laku dan tingkah laku pada dombanya, terlepas dari apakah itu wajar atau tidak. Isolasikan domba jika menunjukkan gejala yang tidak biasa. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum memeriksa lebih detail.
5. Memberikan Suplemen dan Vitamin Jika Diperlukan
Cara beternak domba texel selanjutnya adalah terkait dengan suplemen atau vitamin khusus. Peternak punya sabu sendiripeluang mempertahankan pertumbuhan optimal pada domba. Gunakan suplemen pabrikan atau suplemen sayuran yang difermentasi.
Domba yang sakit membutuhkan pengobatan dan perawatan berkelanjutan. Jika Anda mendatangkan domba dari GB Farm, kami siap membantu memberikan arahan apa yang harus Anda lakukan. Pelayanan ini menunjukkan bahwa GB Farm Ngawi peduli dalam setiap pembelian.
Gibas Barokah Farm memiliki harga Domba Texel yang paling murah.
Jika Anda ingin menawarkan jenis domba Texel, kami merekomendasikan yang 100% murni asli (dengan sertifikasi peternakan Australia/Afrika). GB Farm memiliki solusi untuk jenis persilangan yang dihasilkan dengan menyilangkan domba super broiler.
GB Farm merupakan peternakan modern yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk Anda. Mulailah dengan jenis domba: Dorper, Awassi Garut, Merino Suffolk dan Texel. Serta jenis kambing (Boer, Anglo Nubian, Alps, Saanen, Pygmy, hingga kambing kurban). Juga berbagai macam peralatan untuk menunjang peternakan dan hasil olahannya.
Berikut ini beberapa contoh domba texel beserta harganya masing-masing.
1. Domba Texel
Domba betina Texel di GB Farm tersedia mulai dari 1,5 juta saja! Ini merupakan harga terendah di pasar Indonesia. Produk ini sangat cocok bagi para peternak yang tertarik beternak atau membudidayakan domba broiler kelas dunia.
Ada dua jenis usia: 6-7 bulan, dan 8-10 bulan. Texel betina ini merupakan hasil persilangan domba daging super yang terjamin kualitasnya. Informasi lebih lanjut mengenai domba ini dapat Anda lihat di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).
2. Domba Texel betina hamil
Ada dua pilihan: Texel hamil dengan domba atau Texel hamil dengan domba Dorper darah penuh. Mulai 3.000.000, texel bunting domba dengan domba. Mulai dari 5 jutaan untuk Dorper fullblood yang sedang hamil.
Kriteria domba texel bunting antara lain : tersedia bobot 40 kg s/d 50 kg, vaksin FMD 2 kali, bibit laktasi 1-3 ekor, sehat 100%. Jaminan kehamilan dengan cek USG, informasi lengkap mengenai paket ini bisa langsung dicek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).
3. Domba Texel Persilangan
Domba texel hasil persilangan bisa menjadi produk yang sangat langka. Untuk ketersediaan stok dapat menghubungi gibabarokah.com. Harga domba texel persilangan dewasa antara 3 sampai 5 jutaan. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan blasteran di sini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).
4. Domba Texel Fullblood Texel 100% Asli
Produk Texel terbaik 100% fullblood. Harga Texel sekitar 50.000.000 baik untuk pria maupun wanita. Tubuh domba sendiri mengandung semua keunggulan genetik Texel. Anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu karena impor langsung berasal dari peternakan di Afrika.
Konsultasi gratis di kontak GB Farm, dengan senang hati kami membantu kebutuhan peternakan anda dengan pelayanan terbaik dan tentunya dijamin sampai dengan selamat di tempat tujuan. Berikut panduan lengkap mengenai Ciri-Ciri, Sejarah dan Perawatan Domba Texel di Indonesia.
#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting