Pertempuran Koneksi: Memilih Antara Internet Satelit dan Internet Kabel di Era Modern

Berita Trending Harian – Di era digital ini, internet telah menjadi kebutuhan mendasar. Namun, dengan berbagai pilihan jenis koneksi yang tersedia, memilih yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan. Dua pemain utama saat ini adalah internet satelit dan internet kabel. Artikel ini akan membahas perbedaan mendasar antara keduanya, serta membandingkan layanan seperti Starlink, IndiHome, dan Biznet, untuk membantu Anda menentukan pilihan terbaik.


Berita Terupdate

Mengenal Internet Satelit

Jangkauan luas: Internet satelit dapat menjangkau daerah terpencil dan pelosok yang tidak terjangkau oleh infrastruktur kabel tradisional.
Instalasi cepat: Proses instalasi internet satelit biasanya lebih cepat dibandingkan dengan internet kabel, karena tidak memerlukan penggalian kabel.
Mobilitas: Beberapa penyedia internet satelit menawarkan layanan mobile, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke internet di mana saja.
Namun, internet satelit juga memiliki beberapa kelemahan:
Latency tinggi: Sinyal data yang harus menempuh jarak jauh ke satelit dan kembali dapat menyebabkan latency (keterlambatan) yang tinggi. Hal ini dapat menjadi masalah bagi aktivitas yang membutuhkan koneksi real-time, seperti gaming online atau video conferencing.
Cuaca buruk: Hujan lebat atau salju dapat mengganggu sinyal data yang dikirimkan ke satelit, sehingga menyebabkan koneksi internet terputus.
Biaya: Biaya instalasi dan langganan internet satelit cenderung lebih mahal dibandingkan internet kabel.

Mengenal Internet Kabel

Kecepatan tinggi: Internet kabel menawarkan kecepatan internet yang jauh lebih tinggi dibandingkan internet satelit, dengan latency yang rendah.
Kestabilan: Koneksi internet kabel lebih stabil dibandingkan internet satelit, karena tidak terpengaruh oleh cuaca.
Harga terjangkau: Biaya instalasi dan langganan internet kabel umumnya lebih terjangkau dibandingkan internet satelit.

Namun, internet kabel juga memiliki beberapa kelemahan

Keterbatasan jangkauan: Internet kabel hanya tersedia di daerah yang telah memiliki infrastruktur kabel yang terpasang.
Waktu instalasi: Proses instalasi internet kabel bisa memakan waktu lebih lama dibandingkan internet satelit, karena memerlukan penggalian kabel.
Mobilitas terbatas: Koneksi internet kabel hanya bisa digunakan di lokasi yang terpasang kabel.

Membandingkan Opsi: Starlink, IndiHome, dan Biznet

Jangkauan: Starlink memiliki keunggulan dalam hal jangkauan, berpotensi menjangkau seluruh wilayah Indonesia. IndiHome dan Biznet memiliki jangkauan yang lebih terbatas, bergantung pada ketersediaan infrastruktur kabel.
Kecepatan: IndiHome dan Biznet menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi dibandingkan Starlink, saat ini bisa mencapai 1 Gbps. Starlink masih dalam tahap pengembangan, sehingga kecepatannya belum bisa menyaingi internet kabel.
Latency: Latency Starlink masih relatif tinggi dibandingkan IndiHome dan Biznet. Bagi pengguna yang membutuhkan koneksi real-time, internet kabel menjadi pilihan yang lebih baik.
Harga: Biaya internet satelit Starlink saat ini tergolong mahal. IndiHome dan Biznet menawarkan beragam paket dengan harga yang lebih terjangkau.